Tuesday, November 3, 2009

Ahlul Bait

Yazid bin Hayyan berkata, "Aku pergi ke Zaid bin Arqam bersama Husain bin Sabrah dan Umar bin Muslim. Setelah kami duduk, Husain berkata kepada Zaid bin Arqam, "Hai Zaid, kau telah memperoleh kebaikan yang banyak. Kau melihat Rasulullah, kau mendengar sabda beliau, kau bertempur menyertai beliau, dan kau telah shalat dengan diimami oleh beliau. Sungguh kau telah memperoleh kebaikan yang banyak. Karena itu, sampaikan kepada kami hai Zaid, apa yang kau dengar dari Rasulullah!'"
Zaid bin Arqam menceritakan bahwa Nabi saw. pernah bersabda yang bermaksud "Ketahuilah saudara-saudara bahwa aku adalah manusia seperti kalian. Sebentar lagi utusan Tuhanku (malaikat pencabut nyawa) akan datang lalu dia diperkenankan. Aku akan meninggalkan untuk kalian dua hal yang berat, yaitu: 1) Al-Qur'an yang berisi petunjuk dan cahaya, karena itu laksanakanlah isi Al-Qur'an dan pegangilah. 2) ahlul bait ku".BAginda mengulanginya sebanyak tiga kali. (HR Muslim, Ahmad, al-Hakim, ad-Darimi, Ibn Hibban, al-Bazzar dan ath-Thabrani).
Lalu Husain bin Sabrah bertanya kepada Zaid, “Siapa Ahlul Bait Nabi SAW wahai Zaid? Bukankah istri-istri baginda termasuk Ahlul Bait?”
Zaid menjawab, “Isteri2 baginda termasuk dalam Ahlul Bait , tetapi Ahlul Bait beliau adalah orang yang diharamkan baginya sedekah selepas Beliau.”
Husain bertanya, “Siapa mereka?”
Zaid menjawab, “Mereka keluarga Ali, keluarga Aqil, keluarga Jaafar dan keluarga Abbas.”

No comments: